Download Aplikasi APK, Spesifikasi dan Harga Gadget, Tutorial Android Indonesia, Tips Trik Android Gratis, Reviews Aplikasi Android.

Tips Menghemat Baterai HP Agar Awet dan Tahan Lama

Tips Menghemat Bateri HP Agar Awet dan Tahan Lama – Sudah tidak heran, jika smartphone memang menguras daya baterai lebih banyak. Hal tersebut kerap dipermasalahkan oleh para pengguna gadget. Secara logika apabila segala sesuatu yang sering digunakan tentu saja akan cepat habis sumber dayanya, begitu pula dengan ponsel jika semakin banyak fitur maka tenaga yang dibutuhkan besar. Nah, baterai merupakan benda satu-satunya dimana harus menyuplai tenaga pada smartphone yang dipakai.

Padahal jika anda bisa memahami dan mengerti bahwa para vendor telah membuat smartphone dengan sedemikian rupa agar baterai disesuaikan pada setiap gadget yang dikembangkan. Intinya, semua itu tergantung pada pengguna gadget apakah mereka lebih hemat atau malah konsumtif dalam pemakaian baterai. Pastinya anda mengetahui bagaimana memanage penggunaan gadget sesuai kebutuhan. Berikut tips dalam menghemat baterai HP supaya awet dan tahan lama.

menghemat baterai Android

Tips Menghemat Bateri HP Agar Awet dan Tahan Lama

1. Menutup Aplikasi yang Tidak Dipakai 

Setidaknya jika menginginkan baterai Android anda tetap awet, maka harus menutup aplikasi yang tidak digunakan yang terletak pada background processor. Cara yang dilakukan, yakni masuk ke menu ‘’Setting”, lalu pilihlah Apps. Setelah itu, tinggal ke Running Service dan barulah anda memilih aplikasi mana yang merasa sudah tidak dipakai lagi. Secara umum aplikasi media sosial dan chatting menguras daya baterai paaling besar, untuk itu matikan saja  atau disable.

2. Mematikan Notifikasi

Sebaiknya lakukan menonaktifkan notifikasi agar baterai smartphone tetap awet. Hal ini dikarenakan notifikasi yang tidak penting, misalnya aplikasi maupun game yang kerap terhubung ke internet sehingga akan mengonsumsi baterai secara signifikan. Anda bisa melakukan dengan cara membuka menu “Setting”, kemudian pilih dari Apps, selanjutnya anda memilih aolikasi atau game yang tidak ingin ditampilkan notifikasi, lihatlah di bian bawah dan hilangkan tanda cenrang “Show Notification“.

3. Mematikan WiFi

Dengan mematikan konektivitas Wi-Fi saat berada di luar ruangan, sebaiknya untuk menggunakan jaringan internet 3G maupun 4G LTE. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan smartphone dalam mencari sinyal Wi-Fi terdekat, karena mampu mengurangi daya baterai yang lumayan besar. Akan tetapi, sebenarnya jaringan Wi-Fi lebih irit ketimbang menggunakan jaringan 3G maupun 4G LTE. Untuk itu, jika memungkinkan sinyal Wi-Fi maka gunakanlah.

4. Tidak Memakai Live Wallpaper

Tampilan yang cantik dan indah dalam smartphone anda karena berkat Live Wallpaper. Akan tetapi, jika wallpaper jernih maka akan menguras baterai secara lebih cepat. Hal ini mampu mengurangi daya tahan baterai. Alangkah baiknya jika anda menggunakan wallpaper statis atau tidak bergerak. Setidaknya anda mengurangi pemakaian widget yang tidak penting supaya daya tahan baterai tetap awet. Dengan begitu, dapat memenuhi kebutuhan multimedia maupun komunikasi yang lebih optimal.

5. Menurunkan Kecerahan Layar

Kecerahan pada layar juga mampu mempengaruhi daya tahan baterai pada ponsel Android. Dengan mengatur untuk menurunkan kecerahan layar maka akan sangat efektif. Apalagi jika layar yang diberikan beresolusi Full HD maupun Quad HD. Adapun tipsnya yakni dengan mengubah kecerahan layar dari otomatis menjadi manual. Anda juga harus mengatur waktu tampil layar dalam hitungan detik, caranya masuk setting pilih display.

Baca Juga :
Setelah anda memahami tips dalam menghemat baterai pada ponsel Android, maka harus mengikuti langkah yang telah diberikan. Sehingga akan menurunkan risiko terhadap baterai boros dan cepat rusak.

Semoga bermanfaat dan dapat meningkatkan wawasan anda seputar tips dan trik Android. Selamat mecoba, salam!.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Menghemat Baterai HP Agar Awet dan Tahan Lama


Advertisement